Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Sekolah : SD. Paramount
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/I
______________________________________________________________________________
Standar
Kompetensi : 1. Bilangan cacah dan
lambangnya
Kompetensi Dasar : 1.1, Membilang banyak benda
Indikator : 1.1.1. Membilang banyak
benda
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menyebutkan banyak benda
2.
Siswa
dapat mengenal bilangan yang dilambangkan dengan berbagai benda
B.
Materi
Ajar
Pengerjaan
hitung bilangan
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, tugas,
kuis, diskusi
D.
Langkah-langkah
Kegiatan :
Pertemuan 1 ( 1
x 30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa menghitung banyak jari tangan
dan kaki
Motivasi : Konsep materi ini berguna untuk
berbagai macam pekerjaan
Kegiatan Inti :
1.
Dengan
bimbingan guru, siswa menghitung benda di sekitarnya yaitu jumlah siswa dalam
satu kelas, banyak meja, kursi, alat-alat tulis yang dimiliki siswa dan
sebagainya.
2.
Salah
satu siswa maju ke depan menjelaskan perhitungannya kepada guru dan
teman-temanya.
3.
Dengan
metode ceramah, guru menjelaskan bilangan-bilangan yang telah dihitung melalui batang
korek api sebagai media hitung.
4.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada hal 3 pelajaran Matematika 1A.
5.
Diskusi
kelas membahas pekerjaan siswa.
Penutup
1.
Dengan
bimbingan guru, siswa merangkum hasil pembelajaran.
2.
Guru
memberikan tugas (PR).
E.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Buku
Pelajaran Matematika 1A
2.
Batang
korek api
F.
Penilaian
1.
Teknik : Kuis, Ujian, Tugas
2.
Bentuk
instrument : Lisan dan tertulis
Contoh
Instrument
1.
Jumlah
semua meja dan kursi di kelas 1 ada……………………..
2.
Jumlah
semua siswa lelaki dan perempuan ada…………………..
Mengatahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
____________________ _______________________
Hermat Phalgunawan, SS Diah
Putri Islamy, S.Si
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SD. Paramount
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/II
Standar
Kompetensi : 1. Bilangan cacah dan
lambangnya
Kompetensi Dasar : 1.2. Membaca dan Menulis Lambang
Bilangan
Indikator : 1.2.1. Membaca bilangan 1
sampai dengan 5
1.2.2. Menulis
lambang bilangan 1 sampai dengan 5
1.2.3. Membaca dan bilangan 6 sampai dengan
10
1.2.4. Menulis lambang bilangan 6 sampai
dengan 10
1.2.5. Membaca lambang bilangan 11 sampai
dengan 20
1.2.6. Menulis lambang bilangan 11 sampai
dengan 20
Alokasi Waktu : 6 x 30 menit (3 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menghitung dengan menyebutkan benda
2.
Siswa
dapat membaca dan menulis lambang bilangan
3.
Siswa
dapat mengenal dan membandingkan bilangan
B.
Materi
Ajar
Pengerjaan
hitung dan penulisan bilangan
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah,
diskusi, Tanya jawab, tugas, kuis
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1 (2 x
30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa menghitung banyak alat-alat
tulisnya.
Motivasi : Materi ini berguna untuk berbagai
macam pekerjaan.
Kegiatan Inti
1.
Dengan
bimbingan guru, siswa menghitung banyak buku tulis yang di bawa oleh siswa
sendiri.
2.
Salah
seorang siswa diminta maju ke depan untuk menuliskan jumlah buku yang dibawanya
dan jumlah buku temannya.
3.
Dengan
metode ceramah, guru menuliskan bilangan 1-5 di papan tulis.
4.
Siswa
membaca bilangan yang ditulis guru secara bersama-sama dan berulang-ulang.
5.
Siswa
mengerjakan soal latihan halaman 5-7 pada buku pelajaran Matematika 1A.
6.
Diskusi
kelas membahas pekerjaan siswa.
Penutup
1.
Dengan
bimbingan guru, siswa merangkum hasil pembelajaran
2.
Guru
memberikan tugas (PR)
Pertemuan ke 2 (
2 x 30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat materi pelajaran sebelumnya
yaitu bilangan 1-5
Motivasi : Materi ini berguna dalam kehidupan
sehari-hari tentang jual beli
Kegiatan Inti
1.
Salah
satu siswa maju ke depan untuk menuliskan lambing bilangan 1-5.
2.
Siswa
dapat menghitung jumlah teman lelaki dan perempuan di kelas.
3.
Melalui
Tanya jawab, guru bertanya tentang jumlah siswa lelaki dan perempuan di kelas.
4.
Diskusi
kelas membahas materi penghitungan.
5.
Siswa
bekerja secara berkelompok untuk menghitung jumlah siswa lelaki dan perempuan
di dalam kelompoknya.
6.
Guru
menginformasikan tentang bilangan 6-10 lalu menuliskan bilangan di papan tulis.
7.
Dengan
bimbingan guru, siswa secara bersama membaca lambing bilangan yang ditulis di
papan tulis.
8.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada halaman 13-15 buku pelajaran Matematika 1 A.
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil pembelajaran.
2.
Guru
memberikan tugas (PR).
Pertemuan ke 3
(2 x 30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat lambing bilangan yang
dipelajari sebelumnya
Motivasi : Materi ini sangat diperlukan dalam
jual beli
Kegiatan Inti
1.
Guru
meminta salah satu siswa maju ke depan menuliskan bilangan 1-10.
2.
Dengan
metode ceramah, guru membawa sejumlah pipet sebagai media hitung dan
memperagakan perhitungan di depan kelas.
3.
Siswa
bekerja secara berkelompok dan guru membagikan sejumlah pipet kepada siswa
untuk dihitung.
4.
Setiap
kelompok maju ke depan kelas untuk menuliskan hasil perhitungan kelompoknya di
papan tulis.
5.
Guru
meminta siswa berdiskusi secara berkelompok membandingan hasil perhitungan
kelompok temannya.
6.
Guru
menuliskan bilangan 11-20 di papan tulis.
7.
Siswa
menulis dan membaca bilangan yang ditulis di papan tulis.
8.
Siswa
mengerjakan soal latihan halaman 17-20 pada buku pelajaran Matematika 1A.
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil belajar
2.
Guru
memberi tugas menghapal bilangan 1-20
E.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Buku
Pelajaran Matematika 1 A
2.
Pipet
sebagai media hitung
F.
Penilaian
1.
Teknik : Lisan dan tertulis
2.
Bentuk
Instrument : Kuis,tugas dan
ujian
Contoh
Instrument
1.
Jumlah
semua meja dan kursi di kelas 1 ada………………….
2.
Membandingkan
jumlah siswa lelaki dan perempuan di kelas……………….
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
_________________ __________________
Hermat Phalgunawan, SS Diah
Putri Islamy, S.Si
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD. Paramount
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester
: I/I
Standar
Kompetensi : 1. Bilangan cacah dan
lambangnya
Kompetensi Dasar : 1.3. Membandingkan dua kumpulan benda
Indikator :
1.3.1. Membandingkan dua kumpulan benda.
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat mengenal dan menulis bilangan 1-20
2.
Siswa
dapat membandingkan lambing bilangan
B.
Materi
Ajar
Pembandingan
bilangan
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, tugas,
kuis dan ujian
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1 (2 x
30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengenal benda dan menghitung
banyak benda
Motivasi : Mareri ini sangat diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari
Kegiatan Inti
1.
Siswa
menghitung alat-alat tulisnya sendiri misalnya menghitung pensil saja, dan
menghitung penghapus saja.
2.
Salah
seorang siswa maju ke depan untuk menuliskan bilangan hasil perhitungannya.
3.
Melalui
diskusi siswa dengan teman sebangku, siswa mendiskusikan tentang hasil
perhitungan pensil dan penghapus.
4.
Melalui
ceramah guru menjelaskan materi membandingakan bilangan melalui perhitungan
alat tulis.
5.
Siswa
mengerjakan latihan halaman 24-25
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil belajar.
2.
Guru
memberi tugas (PR)
E.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Buku
Pelajaran Matematika 1A
2.
Alat-alat
tulis misalnya pensil dan penghapus.
F.
Penilaian
1.
Teknik : Kuis, tugas dan ujian
2.
Bentuk
Instrument : Lisan dan tertulis
Contoh
Instrument
1.
Sebutkan
jumlah sekelompok pensil dan penghapus…………………
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
___________________ ______________________
Hermat
Phalgunawan, S.S Diah
Putri Islamy, S.Si
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD. Paramount
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/II
Standar
Kompetensi : 1. Bilangan cacah dan
lambangnya
Kompetensi Dasar : 1.4. Membilang Urut
Indikator : 1.4.1. Membilang urut
dengan memakai sekumpulan benda
1.4.2.
Membilang
urut secara lisan
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat mengenal urutan bilangan melalui media alat hitung yaitu korek api.
2.
Siswa
dapat memahami urutan bilangan
B.
Materi
Ajar
Pengerjaan hitung urutan bilangan
C.
Metode
Pembelajaran
Tugas, diskusi,
kuis
D.
Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1 (2 x
30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa menghitung banyak alat tulis
yang dibawa sendiri
Motivasi : Materi ini sangat berguna dalam
perdagangan
Kegiatan Inti
1.
Guru
mendemonstrasikan perhitungan korek api yang dibawa di depan kelas
2.
Siswa
berdiskusi secara berkelompok untuk menghitung korek api yang telah dibagi.
3.
Salah
satu kelompok maju ke depan kelas untuk menuliskan hasil perhitunganya.
4.
Guru
menjelaskan mengenai urutan perhitungan bilangan yang telah dikerjakan siswa.
5.
Guru
meminta salah seorang siswa untuk mengurutkan bilangan secara lisan.
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil pembelajaran
2.
Guru
memberikan tugas untuk menulis bilangan 1-20 di buku tulis kemudian
menghapalnya.
E.
Alat
dan Sumber Belajar
1.
Buku
Pelajaran Matematika 1A
2.
Korek
api
F.
Penilaian
1.
Teknik : Kuis, tugas
2.
Bentuk
Instrument : Lisan dan tertulis
Contoh Instrument
1.
Ada
berapa jumlah korek api……………………..
2.
Tuliskan
bilangan 1-20 di buku tulis………………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
_________________ __________________
Hermat Phalgunawan, SS Diah
Putri Islamy, S.Si
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SD. Paramount
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : I/I
Standar
Kompetensi : 1. Bilangan cacah dan
lambangnya
Kompetensi Dasar : 1.4. Mengurutkan bilangan dari trkecil
atau terbesar
Indikator : 1.4.1. Mengurutkan bilangan dari terkecil
atau terbesar
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat memahami urutan bilangan
2.
Siswa
dapat mengurutkan bilangan dari terkecil atau terbesar.
B.
Materi
Ajar
Pengerjaan
pengurutan bilangan
C.
Metode
Pembelajaran
Kuis, tugas dan
diskusi
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1 (2 x
30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengingat materi bilangan 1-20
Motivasi : Materi ini sangat diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1.
Dengan
metode ceramah, guru menuliskan bilangan 1-20 di papan tulis kemudian
menjelaskan bilangan yang terkecil-terbesar.
2.
Guru
membawa kertas kecil 1-20 yang dibagikan kepada setiap siswa masing-masing satu
kertas.
3.
Siswa
maju kedepan kelas untuk menempelkan kertas yang dibawanya berdasarkan bilangan
kecil-besar.
4.
Dengan
bimbingan guru, diperoleh urutan bilangan kecil-besar secara berurtan.
5.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada halaman 29 buku pelajaran matematika 1A
6.
Diskusi
kelas membahas pekerjaan siswa.
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil pembelajaran
2.
Guru
member PR soal latihan matematika di
halaman 30 buku pelajarmatika 1A
E.
Alat
dan Sumber belajar
1.
Buku
Pelajaran Matematika 1A
2.
Kartu
bilangan
F.
Penilaian
1.
Teknik : Kuis dan tugas
2.
Bentuk
Instrument : Lisan dan Tertulis
Contoh Instrument :
1.
Urutkan
bilangan berikut dari kecil-besar !
6 12 1 20 5 2 17
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
_______________ ___________________
Hermat Phalgunawan, SS Diah
Putri Islamy, S.Si
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD. Paramount
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: I/I
Standar
Kompetensi : 1. Bilangan cacah dan
lambangnya
Kompetensi Dasar : 1.5. Menyusun
bilangan dari terkecil atau terbesar
Indikator :
1.5.1. Menyusun bilangan dari terkecil atau terbesar
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat mengingat dan memahami bilangan 1-20
2.
Siswa
dapat menyusun bilangan kecil-besar atau besar-kecil
B.
Materi
Ajar
Pengerjaan
penyusunan bilangan
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah,
diskusi, tugas dan kuis.
D.
Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa menginagt materi sebelumnya
yaitu urutan bilangan
Motivasi : Materi ini sangat diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Inti
1.
Salah
seorang siswa maju ke depan untuk menuliskan bilangan 1-20
2.
Dengan
bimbingan guru, siswa bekerja secara berkelompok memberikan bilangan secara
acak kepada kelompok temannya untuk dijawab kelompok lain.
3.
Setiap
kelompok siswa maju kedepan kelas untuk menuliskan hasil pekerjaan kelompoknya.
4.
Siswa
berdiskusi secara berkelompok membahas pekerjaan kelompok.
5.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada halaman 34 buku pelajaran matematika 1A
Penutup
1.
Dengan
Tanya jawab siswa dengan guru membahas materi bilangan cacah dan lambangnya.
2.
Siswa
merangkum hasil pelajaran
E.
Alat
dan sumber belajar
1.
Buku
Pelajaran Matmatika 1A
F.
Penilaian
1.
Teknis : Kuis dan tugas
2.
Bentuk
Instrument : Lisan dan tertulis
Contoh
Instrument .
1.
Urutkanlah
bilangan di bawah ini dari yang terkecil :
7 5 6 9 11 15 3 18 20 10
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
____________________ __________________
Hermat Phalgunawan, SS Diah
Putri Islamy, SSi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD. Paramount
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: I/I
Standar
Kompetensi : 2. Penjumlahan dan pengurangan
Kompetensi Dasar : 2.1. Masalah penjumahan dan pengurangan
dala mkehidupan sehari-hari.
Indikator : 2.1.1. Masalah
penjumlahan
2.1.2.
Masalah
pengurangan
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat mengenal dan memahami arti operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan
2.
Siswa
melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan
B.
Materi
Ajar
Pengerjaan
hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, kuis,
tugas dan diskusi
D.
Langkah-langkah
kegiatan
Pertemuan 1 (2 x
30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengingat bilangan 1-20
Motivasi : materi ini diperlukan dalam jual
beli
Kegiatan Inti
1.
Dengan
bimbingan guru, guru menjelaskan dan mendemonstrasikan di depan kelas dengan
membawa permen sebagai media hitung.
2.
Guru
menjelaskan pengertian menjemlahkan sama dengan menambahkan permen, dan
mengurangkan sama dengan mengambil permen
3.
Dengan
Tanya jawab, guru mengajak partisipasi siswa dalam menghitung
4.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada halaman 39-40
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil pelajaran.
2.
Guru
memberi tugas
E.
Alat
dan sumber belajar
1.
Buku
pelajaran Matematika 1A
2.
Permen
sebagai media hitung
F.
Penilaian
1.
Teknik : tugas dan kuis
2.
Bentuk
Instrument : lisan dan tertulis
Contoh Instrument :
1.
Ibu
membawa 5 permen adik minta 3 permen. Permen ibu sekarang…………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
_________________ ______________________
Hermat
Phalgunawan, SS Diah
Putri Islamy, SSi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD. Paramount
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester : I/I
Standar
Kompetensi : 2. Penjumlahan dan
pengurangan
Kompetensi Dasar : 2.1. Menggunakan symbol + - dan =
Indikator : 1.2.1. Menggunakan symbol
+ - dan =
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat memahami symbol dan definisi penjumlahan dan pengrangan
2.
Siswa
dapat menuliskan kalimat penjumlahan dan pengurang menggunakan simbol +
(jumlah) –(kurang).
B.
Materi
Ajar
Pengerjaan symbol
+, - dan =
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, kuis,
diskusi, Tanya jawab dan tugas
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1 (2 x
30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengingat arti dari penjumlahan
dan pengurangan
Motivasi : Materi ini sangat diperlukan dalam
kehidupan
Kegiatan Inti
1.
Dengan
metode ceramah, guru menjelaskan symbol + untuk penjumlahan, - untuk
pengurangan dan = untuk menyatakan hasil.
2.
Melalui
Tanya jawab, guru mengajak peran serta siswa dalam menghitung.
3.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada halaman 43
4.
Siswa
berdiskusi dengan teman sebangkunya.
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil pelajaran
2.
Guru
memberi tugas (PR)
E.
Alat
dan sumber belajar
1.
Buku
Pelajaran Matematika 1A
F.
Penilaian
1.
Teknik : Tes dan tugas
2.
Bentuk
Instrument : lisan dan tertulis
Contoh Instrument :
1.
Satu
ditambah dua sama dengan tiga, kerjakan dengan menggunakan symbol +, - dan
=……………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
_________________ ____________________
Hermat Phalgunawan, SS Diah Putri Islamy, SSi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD. Paramount
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: I/I
Standar
Kompetensi : 2. Penjumlahan dan
pengurangan
Kompetensi Dasar : 2.3. Penjumlahan dua bilangan tanpa
menyimpan
Indikator : 2.3.1. Menjumlahkan
dengan bilangan satu
2.3.2.
Menjumlahkan
dengan bilangan bukan satu
2.3.3.
Menjumlahkan
dua bilangan yang sama nilainya
Alokasi Waktu : 4 x 30 menit (2 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat memahami dan mengenal penjumlahan dua bilangan tanpa menyimpan
2.
Siswa
dapat memahami operasi penjumlahan menggunakan simbol
B.
Materi
Ajar
Pengerjaaan
hitung bilangan dalam operasi penjumlahan
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, kuis,
diskusi, Tanya jawab dan tugas
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1 (2 x
30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengingat materi sebelumnya
yaitu arti dan symbol dari penjumlahan dan pengurangan
Motivasi : Materi ini sangat diperlukan dalam
kehidupan
Kegiatan Inti
1.
Dengan
metode ceramah, guru menjelaskan cara penjumlahan bilangan dengan jari tangan
2.
Melalui
Tanya jawab, guru mengajak peran serta siswa dalam menghitung.
3.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada halaman 45-50
4.
Siswa
berdiskusi dengan teman sebangkunya.
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil pelajaran
2.
Guru
memberi tugas (PR)
Pertemuan 2 (2 x 30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengingat materi sebelumnya
tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan yang sederhana.
Motivasi : Materi ini sangat diperlukan dalam
kehidupan
Kegiatan Inti
1.
Dengan
metode ceramah, guru mejelaskan cara penjumlahan dan pengurangan dengan jari
tangan
2.
Melalui
Tanya jawab, guru mengajak peran serta siswa dalam menghitung.
3.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada halaman 52 - 53
4.
Siswa
berdiskusi dengan teman sebangkunya.
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil pelajaran
2.
Guru
memberi tugas (PR)
E.
Alat
dan sumber belajar
Buku Pelajaran
Matematika 1A
F.
Penilaian
1.
Teknik : Tes dan tugas
2.
Bentuk
Instrument : lisan dan tertulis
Contoh Instrument :
1.
3
+ 8 =……………………..
2.
4
+ 7 =……………………..
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Bidang Studi
Hermat Phalgunawan, SS Diah Putri Islamy, SSi
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD. Paramount
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester : I/I
Standar
Kompetensi : 2. Penjumlahan dan
pengurangan
Kompetensi Dasar : 2.4. Penjumlahan tiga bilangan satu
angka secara berurutan
Indikator : 2.4.1. Penjumlahan tiga
bilangan satu angka secara beurutan
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat memahami dan mengenal penjumlahan tiga bilangan
2.
Siswa
dapat melakukan operasi penjumlahan tiga bilangan
B.
Materi
Ajar
Pengerjaaan
hitung bilangan dalam operasi penjumlahan
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, kuis,
diskusi, Tanya jawab dan tugas
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1 (2 x
30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengingat materi sebelumnya
yaitu penjumlahan tanpa menyimpan
Motivasi : Materi ini sangat diperlukan dalam
kehidupan
Kegiatan Inti
1.
Dengan
metode ceramah, guru menjelaskan cara penjumlahan bilangan dengan jari tangan
2.
Melalui
Tanya jawab, guru mengajak peran serta siswa dalam menghitung.
3.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada halaman 71
4.
Siswa
berdiskusi dengan teman sebangkunya.
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil pelajaran
2.
Guru
memberi tugas (PR)
- Alat dan Sumber Belajar
1.
Buku
Pelajaran Matematika 1A
- Penilaian
1.
Teknik : kuis dan tugas
2.
Bentuk
Instrument : lisan dan
tertulis.
Contoh
Instrument
1.
6
– 1 -2 =……………………..
2.
5
– 3 – 1 =……………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Bidang Studi
____________________ ____________________
Hermat
Phalgunawan, SS Diah
Putri Islamy, S.Si
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD. Paramount
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: I/I
Standar
Kompetensi : 2. Penjumlahan dan
pengurangan
Kompetensi Dasar : 2.5. Pengurangan dua bilangan tanpa
teknik meminjam
Indikator : 2.5.1. Mengurangkan dua
bilangan satu angka
2.5.2.
Mengenal
bilangan nol melalui pengurangan
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat memahami dan mengenal pengurangan dua bilangan tanpa meminjam
2.
Siswa
dapat melakukan operasi pengurangan dua bilangan
B.
Materi
Ajar
Pengerjaaan
hitung bilangan dalam operasi pengurangan
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, kuis,
diskusi, Tanya jawab dan tugas
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1 (2 x
30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengingat materi sebelumnya
yaitu pengurangan sederhana
Motivasi : Materi ini sangat diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari
Kegiatan Inti
1.
Dengan
metode ceramah, guru menjelaskan cara pengurangan bilangan dengan jari tangan
2.
Melalui
Tanya jawab, guru mengajak peran serta siswa dalam menghitung.
3.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada halaman 62-64
4.
Siswa
berdiskusi dengan teman sebangkunya.
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil pelajaran
2.
Guru
memberi tugas (PR) pada halaman 65
Pertemuan
2 (2 x 30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa memahami operasi pengurangan dengan
berdiskusi teman sebangkunya
Motivasi : Materi ini sangat diperlukan untuk jual
beli dalam kehidupan
Kegiatan
Inti
1.
Dengan
metode ceramah, guru membawa beberapa pipet untuk didemonstrasikan di depan
kelas bagaiman cara mengurangkan yang menghasilkan bilangan nol.
2.
Siswa
dibagi beberapa kelompok, kemudian guru membagikan beberapa potong pipet untuk
dihitung menggunakan operasi pengurangan yang menghasilkan nol.
3.
Setiap
kelompok maju kedepan kelas untuk menuliskan hasil pengurangan yang mereka
kerjakan.
4.
Guru
menjelaskan bahwa setiap bilangan yang dikurang bilangan itu sendiri akan
menghasilkan nilai nol.
5.
Siswa
mengerjakan soal 67-68
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil belajar.
2.
Guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dimengerti siswa.
- Alat dan Sumber Belajar
1.
Buku
Pelajaran Matematika 1A
2.
Beberapa
potong pipet
- Penilaian
1.
Teknik : kuis dan tugas
2.
Bentuk
Instrument: lisan dan tertulis.
Contoh
Instrument
1.
2
– 2 =……………………..
2.
5
– 5 =……………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Bidang Studi
____________________ ____________________
Hermat
Phalgunawan, SS Diah
Putri Islamy, S.Si
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD. Paramount
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: I/I
Standar
Kompetensi : 2. Penjumlahan dan pengurangan
Kompetensi Dasar : 2.6. Pengurangan tiga bilangan satu
angka secara berurutan
Indikator : 2.6.1. Pengurangan tiga
bilangan satu angka secara beurutan
Alokasi Waktu : 2 x 30 menit (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat memahami dan mengenal pengurangan tiga bilangan satu angka secara
berurutan
2.
Siswa
dapat melakukan operasi pengurangan tiga bilangan satu angka secara berurutan
B.
Materi
Ajar
Pengerjaaan
hitung bilangan dalam operasi pengurangan
C.
Metode
Pembelajaran
Ceramah, kuis,
diskusi, Tanya jawab dan tugas
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan 1 (2 x
30 menit)
Pendahuluan
Apersepsi : Siswa mengingat operasi pengurangan
yang sederhana
Motivasi : Materi ini sangat diperlukan dalam
kehidupan terutama jual beli
Kegiatan Inti
1.
Dengan
metode ceramah, guru menjelaskan cara pengurangan bilangan dengan jari tangan
2.
Melalui
Tanya jawab, guru mengajak peran serta siswa dalam menghitung.
3.
Siswa
mengerjakan soal latihan pada halaman 71 pada buku pelajaran matematika 1A
4.
Siswa
berdiskusi dengan teman sebangkunya.
Penutup
1.
Siswa
merangkum hasil pelajaran
2.
Guru
memberi tugas (PR)
- Alat dan Sumber Belajar
1.
Buku
Pelajaran Matematika 1A
- Penilaian
1.
Teknik : kuis dan tugas
2.
Bentuk
Instrument: lisan dan tertulis.
Contoh
Instrument
1.
6
– 1 -2 =……………………..
2.
5
– 3 – 1 =……………………..
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Bidang Studi
____________________ ____________________
Hermat
Phalgunawan, SS Diah
Putri Islamy, S.Si
Tidak ada komentar:
Posting Komentar